Goa Selomangleng - BOOST YOUR CREATIVITY

Breaking

Sabtu, 02 Maret 2019

Goa Selomangleng



     Kiloe SC - Hai eSCe Holic, masih semangat?? Kali ini kami akan bahas salah satu Goa yang ada di Kediri yaituGoa Selomangleng.Goa tersebut terletak di kaki gunung Klotok Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, yang merupakan wilayah sebelah barat Kota Kediri.Goa Selomangleng diperkirakan dibuat pada abad 10-11 Masehi. Berdasarkan cerita rakyat, Goa Selomangleng adalah Tempat pertapaan Dewi Kilisuci (Sanggramawijaya Tunggadewi) Putri mahkota Raja Airlangga (Kerajaan Kahuripan).Goa Selomangleng juga merupakan tempat wisata sejarah yang menarik di Kota Kediri.Banyak sekali wisatawan yang berkunjung disana baik dari luar kota maupun dalam kota untuk melihat Goa Selomangleng.

    Pada saat menuju ke Goa Selomangleng, eSCe Holic tau nggak? Kita di sambut dengan sajian sajian kuliner atau jajanan kas kediri yang enak dan lezat serta terdapat penjual assesoris yang menarik dan kita juga melewati tangga tangga pendek yang cukup banyak untuk melihat Goa tersebut. Di depan Goa Selomangleng terdapat arca atau patung patung peninggalan zaman dulu. Jika kita ingin melihat yang ada di dalam goa tersebut kita harus menaiki tangga tangga bebatuan,kadang kala jika musim hujan batu batu itu menjadi licin,maka harus berhati hati.Di bagian luar dinding Goa Selomanglengterdapat gambar relief zaman dahulu.

     Goa Selomangleng terdapat dua lubang, yaitu lobang kanan dan kiri.Lubang kanan digunakan untuk bersemedi atau bertapa oleh masyarakat zaman dulu serta terdapat arca yg berada di dinding tersebut. Sedangkan,lubang kiri itu sebernanya sama dengan lubang kanan namun di lubang kiri juga terdapat lubanglagi  yang kecil.

    Aktivitas yang dilakukan wisatawan atau pengunjung di Goa Selomangleng adalah melihat kedalam goa tersebut, naik keatas goa untuk melihat pemandangan di sekitar goa tersebut,mendalami atau ingin mengetahui peninggalansejarah zaman dulu, dan yang sering dilakukan oleh wisatawan yaitu berfoto-foto di sekitar Goa Selomangleng.Nah itulah eSCe Holic pembahasan Goa Selomangleng, semoga menambah pengetahuan.


Red    : Anitaps
Pict    : Imadwi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar