Gerakan Nasional Non Tunai - BOOST YOUR CREATIVITY

Breaking

Jumat, 01 Maret 2019

Gerakan Nasional Non Tunai



     Kiloe SC – Halo eSCe Holic, Tetap semangat yaa, kali ini akan mengulas tentang GNNT, apa sih GNNT? Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) adalah gerakan penggunaan alat pembayaran nontunai yang dicanangkan Bank Indonesia pada tanggal 14 Agustus 2014. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pelaku bisnis dan juga lembaga-lembaga pemerintah untuk menggunakan sarana pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi keuangan, yang tentunya mudah, aman dan efisien.

     Lantas apa tujuan GNNT ini? GNNT bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran sekaligus meningkatkan penggunaan nontunai  di kalangan masyarakat, pelaku bisnis dan lembaga-lembaga pemerintah, sehingga berangsur-angsur terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih aktif dalam menggunakan nontunai (Less Cash Society) di tanah air.

     Bagaimana Bank Indonesia menggerakkan GNNT di daerah yang pelosok? Sebenarnya itulah yang menjadi kendala, namun gerakan tersebut tidak diwajibkan ke semua daerah, dalam menangani hal itu Bank Indonesia akan terus berusaha menjalankan gerakan itu dengan baik. Untuk kedepannya dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran yang efisien, aman dan andal dengan tetap menjunjung tinggi aspek perlindungan konsumen, memperhatikan perluasan akses dan kepentingan nasional, Bank Indonesia akan meningkatkan elektronifikasi transaksi pembayaran dan peningkatan infrastruktur sistem pembayaran. Dalam kerangka itu, Bank Indonesia akan menyusun sentralisasi pembayaran utility bills dan mendorong penggunaan transaksi pembayaran Pemerintah secara elektronik dengan lebih aktif dan terkoordinasi. Untuk mendukung hal ini, akan dikembangkan pula integrasi Electronic Bill Presentment System dan Integrasi Layanan Pembayaran antar jaringan pembayaran.

     Nah sudah paham kan GNNT itu eSCe Holic? Semoga apa yang direncanakan Bank Indonesia untuk GNNT ini terus terlaksana yaa.



Red     : Anitaps
Pict     : Imadwi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar